Menu

Mode Gelap
KPK Geledah Kantor Dinas PUTR Sulsel? PPCD Siap Gelar Pendaftaran Bakal Calon Direktur PNUP Oknum Polri Jadi Algojo Habisi Nyawa Najamuddin Sewang Polsek Bontonompo Kesampingkan Perma 2 Tahun 2012? Kanitres Bungkam Babak Baru Kasus Dugaan Korupsi Proyek Infrastruktur Wisata Toraja Rp40 M

Edukasi · 28 Jun 2022 16:23 WITA

Komite dan Kepala Sekolah Punya Peran Bangun Pendidikan


 Komite Sekolah dan Kepsek harus bersinergi. Perbesar

Komite Sekolah dan Kepsek harus bersinergi.

Dewan Pendidikan Kota Makassar (DPKM) kembali menggelar rapat koordinasi yang melibatkan Dinas Pendidikan Makassar dan seluruh komite sekolah se Kecamatan Pannakukang dan Manggala. Hal ini dilakukan dalam mewujudkan layanan dan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Ketua DPKM Makassar Rudianto Lallo menegaskan pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara Dinas Pendidikan dalam hal ini Kepala Sekolah dengan Komite. Dua lembaga itu diinstruksikan bekerjasama saling bahu membahu newujudkan layanan pendidikan.

“Kepala Sekolah dan Komite punya tanggungjawab besar. Keduanya saling melengkapi, saling mensuport agar proses belajar berjalan dengan baik,” kata Rudianto Lallo saat menutup kegiatan rapat koordinasi DPKM, Dinas Pendidikan Makassar dan seluruh Komite Sekolah se Kecamatan Pannakukang dan Manggala, di Rumah Makan Ujung Pandang, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga :  Sarjana STIE AMKOP Didominasi Manajemen

Ketua DPRD Makassar itu melanjutkan dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 3 ayat (1) sangat jelas jika Komite Sekolah bertugas mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, Komite Sekolah juga bertugas memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait, kebijakan dan program sekolah, rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah/rencana kerja dan anggaran sekolah (RAPBS/RKAS).

“Termasuk juga pengawasan kinerja sekolah, serta menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orangtua siswa dan masyarakat,” terang Rudianto Lallo.

Lanjut Politisi Partai NasDem itu menegaskan tupoksi komite sekolah sangat besar. Kepsek dan Komite tidak boleh saling mendahului.

Baca Juga :  Siberkreasi Ajak Masyarakat Cakap Dalam Bersosial Media

“Kalau memahami topuksi masing-masing maka kepsek dan komite bisa membangun pendidikan dengan baik, tapi kalau kepsek mau ambil tugasnya komite maka tunggu kehancurannya, begitupula sebaliknya,” tegas Rudianto Lallo.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhiddin menambahkan tugas utama Komite itu bersifat Independen dan mengawasi kinerja kepada Kepala Sekolah.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

Baca Lainnya

Siswa Baru di MTs Negeri 1 Makassar Dimintai Uang Rp5,6 Juta

18 Juli 2022 - 19:21 WITA

Pesantren An Nahdlah Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

13 Juli 2022 - 18:42 WITA

Prof Akbar Silo Dilantik Sebagai Rektor ITSBM Selayar

12 Juli 2022 - 21:48 WITA

Pimpinan Kedai-Berita.com Silaturahmi ke UPRI Makassar

23 Juni 2022 - 23:22 WITA

Ini Pesan Rudianto Lallo ke IKA SMAN 6 Makassar Angkatan 86

26 Mei 2022 - 21:00 WITA

Jaksa Sasar 53 Kepsek SMP di Makassar, Ada Apa?

25 Mei 2022 - 18:39 WITA

Trending di Edukasi
error: Hai! Pengunjung Kedai-berita.com