Transparan dalam Penyaluran Bansos Covid APBD, Dinsos Gandeng APH dan APIP

  • Bagikan

Dinas Sosial Kota Makassar menyebutkan nilai keseluruhan satu paket bantuan sosial (bansos) sembako sebesar Rp200 ribu.

Paket bansos yang bersumber dari APBD Kota Makassar tahun anggaran 2021 tersebut, akan dibagikan kepada warga yang terdampak PPKM level 4 di Makassar. Adapun isi paket sembako Covid beragam, dengan rincian 10 kilogram beras, 2 liter minyak, 2 kilo gula dan 15 bungkus mie instan.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Rusmayani Masjid mengatakan, pihaknya telah merampungkan pendataan kepada calon penerima yaitu sebanyak 70.488 kartu keluarga dari 90 ribu data. Saat ini prosesnya memasuki tahapan pengadaan dan pendistribusian.

Adapun syarat penerima yaitu telah tervalidasi bukan penerima bantuan dari instansi lainnya, seperti dari program keluarga harapan (PKH), bantuan sosial tunai (BST), dan Bansos Kartu Sembako (BPNT) dari Kementerian Sosial.

Baca Juga :  Kalla Grup Gandeng Makassar Recover Gelar Vaksin

Rusmayani menyebut sudah menetapkan 3 rekanan untuk penyaluran bansos, yakni Bulog, PT Pertani, dan Benteng Mart (Supermarket Grosir).

Selain itu, Dinas Sosial juga melibatkan lurah dan pihak kecamatan terkait pola pendistribusian bansos.

“Kita sangat hati-hati kalau data yang masuk tidak sesuai dengan data penerima. Sisanya minta petunjuk ke Wali Kota Makassar,” kata Maya sapaan akrab Plt Kadinsos Makassar itu, Rabu 18 Agustus 2021.

Tak hanya itu, pihaknya turut melibatkan penuh para aparat penegak hukum dan pengawasan intern pemerintah dalam penyaluran bansos tersebut. Mulai dari kejaksaan, kepolisian dan juga inspektorat untuk mengawasi pendistribusian bansos. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecurangan di lapangan.

“Kita sudah siapkan berita acara kemudian bentuk berita acara mulai dari dinsos, kecamatan, kelurahan,” jelas Maya.

Baca Juga :  Wali Kota Danny Tambah Tugas Satgas Detektor Makassar Recover

Mengenai waktu pendistribusian, Rusmayani mengaku tengah mengupayakan agar bisa secepatnya sampai pada masyarakat.

“Bulan ini Insyaallah, tapi kalau saya maunya Jumat ini sepanjang semua berita acara yang sudah kita siapkan, SK-SK sudah siap yah saya tinggal jalankan,” ucapnya.

Pemerintah berharap penyaluran bansos tak melewati bulan Agustus 2021. Dia menyebut semakin cepat penyaluran bantuan hal itu semakin baik.

“Semakin cepat semakin baik tapi tetap kita harus hati-hati, saya tidak mau di kemudian hari jadi masalah,” maya menandaskan.

  • Bagikan