Pengurus Masjid Antusias Undang Komisioner Baznas Sosialisasi Zakat

  • Whatsapp

Pengurus masjid dari berbagai kecamatan di Kota Makassar beberapa pekan terakhir sangat antusias mengundang komisioner Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Makassar untuk datang melakukan sosialisasi kepada jamaahnya maupun pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ).

Dalam sepekan ini saja tidak kurang dari lima masjid yang dikunjungi Komisioner melakukan sosialisasi zakat. Sebut saja Sabtu (12/6/2021) ini keempat Komisioner Baznas hadir bersilaturahmi sekaligus memberikan pencerahan seputar penanganan, setelah sebelumnya Kamis malam (10/6/2021) di Masjid Wahyu Jalan Salemo Kecamatan Wajo dan Sebelum di Masjid Al-Ikhlas jl Dg Sirua Panakkukang.

Ketua Baznas H. Ashar Tamanggong kepada wartawan media ini mengatakan, kendatipun dia baru sekitar sebulan usai dilantik namun antusiasme pengurus masjid cukup tinggi untuk menghadirkan Komisioner Baznas di masjidnya melakukan sosialisasi terkait penanganan zakat, infaq, dan sadaqahf, termasuk pembentukan UPZ.

  PUKAT Dukung Humas DPRD Makassar Perangi Monopoli Anggaran

“Kami bersyukur atas semangat pengurus masjid menghadirkan kami di depan jama’ah untuk diberikan pencerahan sekaligus dalam rangka pembentukan UPZ,” ungkapnya.

Hanya saja diakui H. Ashar Tamanggong, sekalipun pihaknya banyak mendapat undangan sosialisasi namun dia juga mengingatkan pengurus agar tetap menaati Protkes Covid-19, sehingga virus Corona tetap jadi perhatian dan bukan menjadi halangan dalam menjalankan kewajiban agama.

Dalam uraiannya saat berada di Masjid Raodatul Jannah, Ketua Baznas Kota Makassar, H. Ashar Tamanggung, S.Ag, didampingi Wakil Ketua I H. Ahmad Taslim, Wakil Ketua II H. Jurlan Em Saho’as, dan Wakil Ketua III H. Waspada Santing selain menyampaikan petikan UU No.23 tahun 2011 tentang Pengelolaan zakat, peraturan pemerintah no.14 tahun 2014, dan Perwali no 05 tahun 2009, juga memaparkan visi misi Komisioner baru yang terkait dengan pengelolaan zakat yang mengikuti sistem IT dan digitalisasi yang diistilahkan Walikota DP dalam program Smart City terutama terkait dengan program perkuatan keimanan keummatan.

  Hadiri Musda KAHMI, Danny Minta Dukungan Sukseskan Makassar Recover

Menariknya, dalam hampir setiap pertemuan sosialisasi umumnya pengurus masjid dan jamaah minta agar sistem aplikasi digital betul betul dapat diwujudkan guna memudahkan pengurus UPZ mengelola zakat yang tidak harus membuang waktu dan tenaga berkunjung ke kantor Baznas hanya untuk melakukan penyetoran dan pelaporan.

Kegiatan ini menjadi sangat menarik dengan berbagai pertanyaan dari para peserta yang dijawab langsung oleh narasumber.

Ketua Pengurus Masjid Raudhatul Jannah GMA, Nur Adil,S.Pd mengapresiasi kegiatan ini supaya nantinya lebih gencar dilakukan oleh Baznas khususnya untuk lebih memperbanyak Masjid terdaftar sebagai anggota UPZ serta pemberian bekal ilmu fiqih dan tata kelola zakat dan pendampingan, serta diharapkan nantinya ada semacam UPZ percontohan di tiap-tiap kecamatan yang dilanjutkan ke tiap kelurahan.

  Minggu Ceria, Kapolri Idham Aziz Tanam Eboni di Makassar

Kegiatan di masjid yang berada di Kompleks Perumahan Griya Mulya lestari Jalan Dg Ramang dirangkaian pula dengan Donor darah sukarela atas kerjasama dengan UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan. (Jurlan Em Saho’as)