DTRB Segel Kafe Anging Mammiri, Ada Apa?

  • Whatsapp

Bangunan Kafe Anging Mammiri yang kabarnya berlokasi tak jauh dari bibir Pantai Tanjung Merdeka Anging Mammiri diduga dibangun tanpa mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) dari Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Kota Makassar.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Penindakan DTRB Kota Makassar, Karyadi Karsa yang mengatakan bahwa bangunan yang berlokasi di wilayah Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate itu hingga kini belum mengantongi IMB lantaran tata letak bangunan dianggap menyalahi aturan.

“Kemarin waktu membangun kami sudah larang untuk tidak melanjutkan, karena bangunan itu tidak memenuhi syarat untuk diterbitkan IMBnya karena lokasi bangunannya juga berada dekat dengan pantai, makanya kami kemarin pasang papan penyegelan di sana,” kata Karyadi Karsa saat dikonfirmasi, Selasa (8/6/2021).

  Aroma Tipikor di Kasus Andalalin Mal Grand Toserba?
Kondisi bangunan Kafe Anging Mammiri sewaktu masih dibangun (sumber: Google Map)

Terpisah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar lewat Kepala Bidang non Teknis Faisal Burhanuddin yang dikonfirmasi juga mengaku segala izin yang menyangkut Kafe Anging Mammiri belum pernah diterbitkan.

“Sampai saat ini kami belum pernah mengeluarkan izin apapun. Cuma pernah mereka ajukan permohonan tetapi kami tidak berani terbitkan karena bangunannya dianggap bermasalah,”terang Faisal.

Berdasarkan informasi yang didapati, Kafe Anging Mammiri masih tetap beroperasi. Meski bangunan telah dipasangi papan pengumuman penyegelan dari Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Kota Makassar dengan nomor 009/151/Distaru/IV/2021 tanggal 01 April 2021. (Thamrin/Eka)