Jelang Lebaran Perbatasan Dijaga Ketat Pasukan Gabungan

  • Whatsapp

Ribuan personel gabungan dari unsur Polri, TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) bakal disiagakan di 42 titik penyekatan untuk mengantisipasi pemudik liar jelang hari raya idul fitri 2021.

Tak hanya itu sebanyak 48 pos pengamanan idul fitri atau operasi ketupat juga disiapkan dan 27 pos pemantauan. Masing-masing pos diisi oleh Pasukan gabungan.

Hal itu disampaikan langsung Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam usai menggelar Apel pasukan di Lapangan Karebosi, Makassar, Rabu (5/5/2021).

Merdisyam menerangkan ada 4 kota yang tidak termasuk dalam pembatasan wilayah, yaitu Makassar, Maros, Gowa, Takalar.

“Selain keempat kota itu, kita lakukan pembatasan. Pelaksanaannya, di setiap titik penyekatan kita akan tempatkan personel gabungan,”ucap Merdisyam.

  PUKAT Dukung Humas DPRD Makassar Perangi Monopoli Anggaran

Selain itu Merdisyam juga mengatakan lewat Operasi terpusat Kepolisian se-Indonesia ini, Polri berharap mampu menekan jumlah penyebaran Virus covid 19.

“Tentunya juga diwaspadai adanya varian baru Covid 19 dan inilah salah satu bentuk upaya pencegahan, yaitu dengan pelarangan mudik dengan menjaga perbatasan dan area transportasi lainnya, tentunya dengan pelarangan mudik dapat dicegah terjadinya klaster mudik covid 19,” ungkap Kapolda.

Sementara hal senada juga disampaikan, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bahwa sudah ada wilayah aglomerasi, mamminasata.

Kemudian itu akan menjadi tindak lanjut karena itu arahan dari kementerian. Tentunya juga ada penyekatan di wilayah arus mudik.

“Itu kita akan tahan. Kecuali orang yang melakukan perjalanan dinas dan angkutan barang dan jasa,”kata Sudirman saat ditemui usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2021 di Lapangan Karebosi.

  Dukung Upaya Represif Pemkot Selamatkan Area Resapan Air

Lanjut ia menyampaikan kebijakan ini tak lain adalah sebagai bentuk menekan jumlah penyebaran covid-19. Seperti halnya di negara India.

“Ini sudah kami berikan kebijakan tarwih di masjid dan lebaran. Tapi mudik kita tahan supaya tidak berkumpul satu sama lain dan kemudian melakukan euforia yang bisa menimbulkan penyebaran Covid,”tutupnya.

Disamping itu Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menghimbau agar warganya memiliki kesadaran dalam menekan penularan virus corona. Sebab jika tidak, daerah ini tidak akan lepas dari Pandemi Covid-19.

“Kami punya Satgas Raika (pengurai keramaian) dan bersinergi dengan TNI Polri untuk kelancaran jelang Idul Fitri dan setelahnya,” kata Danny.

Diketahui, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan menggelar Apel Pasukan pengamanan jelang hari raya idul fitri atau operasi ketupat di Lapangan Karebosi.

  Warga Sayangkan Penambangan Galian C Diduga Ilegal di Nipa-Nipa Kembali Beraksi

Sebanyak 4.327 personel gabungan dari unsur TNI, Polri dan juga Pemda dilibatkan dalam operasi yang akan digelar mulai Kamis 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021.

Pos terkait