Menu

Mode Gelap
PPCD Siap Gelar Pendaftaran Bakal Calon Direktur PNUP Oknum Polri Jadi Algojo Habisi Nyawa Najamuddin Sewang Polsek Bontonompo Kesampingkan Perma 2 Tahun 2012? Kanitres Bungkam Babak Baru Kasus Dugaan Korupsi Proyek Infrastruktur Wisata Toraja Rp40 M Camat Ujung Pandang Gelar Pertemuan Bersama Ketua RT dan RW

Ragam · 1 Mar 2021 04:29 WITA

Sejarah Berdirinya Pemadam Kebakaran Hingga Diperingati Tiap Tahunnya


 Sejarah Berdirinya Pemadam Kebakaran Hingga Diperingati Tiap Tahunnya Perbesar

Setiap tanggal 1 Maret pemadam kebakaran memperingati Hari Ulang Tahun Damkar Indonesia. Tahun 2021 Damkar Indonesia telah memasuki usia ke 102.

Tentu diumur yang telah se-abad lebih ini tak lepas dari sejarah panjang berdirinya Korps Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) pertama kali di zaman Hindia Belanda.

Posisi Korps Pemadam Kebakaran (PMK) setara dengan petugas polisi yang disebut sebagai institusi elite pengaman kota. Pasukan pemadam kebakaran juga memiliki kepangkatan yang mirip seperti dalam kesatuan militer Indonesia.

Mereka terdiri dari satu orang Commandant yang dijabat oleh orang Belanda, satu orang Brandmeester biasanya dijabat oleh dua orang Indonesia, delapan orang Adjudant Brandmeester yang semuanya adalah orang pribumi.

Baca Juga :  Buka Rekrutmen Calon Anggota Baru, Plt Kadis Damkar Target 1.000 Orang Pendaftar

Ditambah enam orang sopir dan 20 anggota pemadam kebakaran. Sedangkan kendaraan yang digunakan, adalah satu auto Chevrolet slangen, satu auto Chevrolet ladderwagen, dua auto Benz waterwagens, dan dua motorspuiten.

Sejarah pemadam kebakaran sendiri bermula dari sebuah musibah kebakaran besar yang terjadi di Kramat-Kwitang pada tahun 1873. Kebakaran tersebut tidak dapat diatasi oleh pemerintah kota pada saat itu.

Akhirnya peristiwa tersebut mendorong Gemeente of de Brandweer atau pemerintah mengeluarkan peraturan tentang pemadam kebakaran pada tanggal 25 januari 1915.

Residen (Sekarang Gubernur DKI Jakarta) mengeluarkan peraturan (reglemet) dengan nama Reglement op de Brandweer in de Afdeeling stad Vorsteden van Batavia. Sekarang menjadi Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga :  Perjuangan Berat BPAS Demi Kemanusian

Tugas pokok dari petugas pemadam kebakaran selain memadamkan kebakaran, juga melakukan upaya pencegahan kebakaran melalui upaya-upaya preventif seperti training – training dan pelatihan tentang kebakaran.

Penyelamatan jiwa juga merupakan tugas utama dari petugas pemadam baik dari ancaman kebakaran maupun bencana lainnya.

“Pantang Pulang sebelum Padam” merupakan moto dari pasukan pemadam kebakaran dan inilah yang menjadi landasan dari setiap anggota pemadam untuk bekerja dengan penuh pengorbanan menghadapi kebakaran.

Sampai saat ini keberadaan petugas pemadam kebakaran menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Termasuk istilah Blangwir atau Blangweer masih melekat untuk menyebut mobil pemadam kebakaran, yang berasal dari kata de Brandweer (Bahasa Belanda).

Baca Juga :  Buka Rekrutmen Calon Anggota Baru, Plt Kadis Damkar Target 1.000 Orang Pendaftar

Dinas Pemadam Kebakaran dan/atau BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) adalah unsur pelaksana pemerintah yang diberi tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas penanganan masalah kebakaran dan bencana.

Artikel ini telah dibaca 97 kali

Baca Lainnya

Eratkan Silaturahmi, Para Pimpinan Leasing Buka Puasa Bersama

18 April 2022 - 21:46 WITA

Bentuk Komunitas IPP, Fajar: Wadah Bertukar Informasi Pekerjaan

18 April 2022 - 02:53 WITA

PW BLH Pemuda Pancasila Berdialog Bahas Isu Lingkungan

17 April 2022 - 22:54 WITA

Majelis Shalawat Qalby Berbagi Sembako Ke Warga

29 Maret 2022 - 01:10 WITA

Nongkrong Bareng ala Alumni Smansa 83 Kelas 1.17

13 Maret 2022 - 20:15 WITA

Pemuda Wajo Produseri Film Layar Lebar

15 Januari 2022 - 21:12 WITA

Trending di Ragam
error: Hai! Pengunjung Kedai-berita.com