Pesan Seorang Advokat Untuk Wartawan di Hari Pers Nasional

  • Whatsapp

Bagi para insan pers atau yang akrab disebut wartawan tentu momen Hari Pers Nasional (HPN) ini sangat dinanti. Mengingat peran pers atau wartawan itu sendiri sangatlah besar untuk bangsa Indonesia.

Direktur Utama kantor advokat dan konsultan hukum CMJ& Partner’s menyampaikan pesan untuk ini para insan pers atau wartawan Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.

Choerul MJ berharap kepada para kawan-kawan wartawan yang ada di Sulawesi Selatan agar tetap diberi kesehatan dan semangat juang yang terus menyala untuk berkarya.

Karena tugas wartawan tak hanya memberitakan sebuah peristiwa, memberikan wawasan dan edukasi, wartawan juga berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa lewat berita positif.

“Di hari pers ini, semoga para kawan-kawan jurnalis tetap diberikan semangat yang terus menyala untuk mengabarkan dan menyampaikan informasi atau pemberitaan akurat yang dapat membangun paradigma positif dimasyarakat. Selamat hari pers nasional, Jaya dan sukses selalu untuk para jurnalis terkhusus di Sulawesi Selatan,”ucap Choerul MJ, Rabu (10/2/2021).

  Penjelasan Kominfo Soal CCTV yang Jadi Temuan

Dalam perjalanannya, kata Choerul MJ peran pers atau wartawan itu sendiri memiliki andil yang sangat besar bagi bangsa ini, julukan sebagai pilar ke empat demokrasi memang sangat pantas disandang oleh seorang wartawan.

Ibarat seorang aktivis yang lagi memperjuangkan suara rakyat, pers atau wartawan hadir sebagai garda terdepan demokrasi bangsa, meski harus berhadapan langsung dengan resiko yang ada.

Tak jarang kawan-kawan pers atau wartawan menjadi korban kriminalisasi, tetapi terlepas dari itu semua, Choerul MJ menitip pesan kepada pers atau wartawan agar tetap menjadi leading sector bangsa ini.

“Perjuangan kawan-kawan wartawan sungguh sangat mulia, sayangnya bangsa ini belum dapat memperjuangkan kesejahteraan para wartawan itu sendiri,”tandas Choerul MJ yang juga advokat muda Makassar.

  Lomba Tembak Resmi Dibuka Pangdam Hasanuddin

Diketahui, Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia.

Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan.

Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf HPN.(Thamrin)

  Proyek Makassar New Port Sengsarakan Nelayan Kodingareng

Pos terkait