Apa Kabar Kasus Dugaan Korupsi Pemetaan Lahan IPAL di Kejari Makassar

  • Whatsapp

KEDAI-BERITA.COM, MAKASSAR– Anti Corruption Committee Sulawesi (ACC Sulawesi) menyayangkan sikap Kejaksaan Negeri Makassar (Kejari Makassar) yang hingga saat ini belum memberikan kepastian hukum penanganan kasus dugaan korupsi proyek pematangan dan pemagaran lahan untuk pembangunan instalasi pengelolaan air limbah (ipal) kota Makassar tahun anggaran 2017.

“Kami heran kasus ini ditangani sudah 2 tahun lebih dan hingga saat ini tak ada kejelasan. Kami harap Kajati evaluasi Kajari Makassar,” tegas Direktur ACC Sulawesi, Kadir Wokanubun via telepon, Kamis 25 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan dalam kegiatan proyek pemetaan dan pemagaran lahan untuk pembangunan IPAL tersebut, telah menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Makassar sebesar Rp 8 miliar dan pekerjaannya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Makassar.

“Kasus ini sangat layak disupervisi KPK karena bertahun-tahun ditangani tak ada kepastian hukum,” ucap Kadir.

Ia heran Kejati Sulsel tidak bersikap tegas baik mengambil alih penanganan kasus IPAL tersebut serta segera mengevaluasi kinerja Kajari Makassar beserta Kasi Pidsusnya yang dinilai lamban dalam menangani kasus-kasus korupsi.

“Ada apa dengan penanganan kasus ini. Kami harap KPK segera supervisi kasus ini,” ujar Kadir.

Penyelidikan kasus dugaan korupsi proyek pematangan dan pemagaran lahan pembangunan IPAL yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar itu sebelumnya telah bergulir di Kejari Makassar.

Namun faktanya hingga saat ini pihaknya belum melihat adanya upaya yang maksimal apalagi progres dalam penanganan kasusnya di Kejari Makassar.

“Penanganan kasusnya terkesan ditutupi dari publik. Sehingga patut diduga kasus ini terkesan ingin dihentikan diam-diam. Tapi ingat, Kami akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas dan segera menemukan kepastian hukum ,” beber Kadir.

Kepala Seksi A Bidang Intelijen Kejati Sulsel, A. Irwan sebelumnya membenarkan adanya upaya Kejati Sulsel akan melakukan supervisi penanganan kasus dugaan korupsi proyek pemetaan dan pemagaran lahan untuk pembangunan IPAL kota Makassar tersebut.

“Kasus ini memang sedang dalam tahap evaluasi dan mendekat ini akan ada tim khusus dari Kejati Sulsel mendatangi Kejari Makassar untuk mempertanyakan alasan-alasan sehingga penanganan kasus ini lamban dan berlarut-larut. Itu kata Kasidik tadi waktu saya konfirmasi langsung,” jelas Irwan saat itu.

Ia saat itu juga mempersilahkan kepada teman-teman aktifis anti korupsi untuk kapan saja menemuinya di Kantor Kejati Sulsel jika sewaktu-waktu ingin mempertanyakan sejauh mana perkembangan penanganan kasus dugaan korupsi proyek pemetaan dan pemagaran pembangunan lahan IPAL Makassar itu.

“Silahkan temui Kasi Penkum atau saya sendiri jika teman-teman ingin mengetahui setiap perkembangan kasus IPAL itu. Saya selalu siap di jam-jam kerja,” Irwan menandaskan saat itu. (Rudi/Eka)

Pos terkait